Halaman


16 Februari 2009

Langkah Pasti Memulai Bisnis



Banyak orang yang ingin berbisnis, namun ketika serius berpikir tentang keinginan tersebut ia kembali mengurungkan niatnya. Pasalnya sering muncul kebingungan di benak mereka. Misalnya, bingung akan menjalankan usaha apa, atau bingung akan memulai bisnis dari mana. Artinya, seseorang mengalami ketakutan untuk memulai, khawatir untuk memulai, serta sulit untuk memulai. Kondisi tersebut bisa terjadi karena seseorang tidak bisa menerima challenge.

Lantas apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan memulai bisnis seperti kasus di atas? Jika Anda salah seorang yang menjalani pengalaman serupa, berikut resep yang bisa membantu.

Sebagai sebuah kebiasaan buruk, blocking mental perlu disingkirkan. Caranya tak lain adalah dengan mengubah mindset yang selama ini tercipta di kepala. Jangan berpikir bergantung pada orang lain, tapi berpikirlah bagaimana mengusahakan sesuatu yang bisa membantu orang lain.

Kebingungan sebelum memulai usaha biasa muncul karena seseorang tidak memiliki wawasan yang terbuka tentang berbagai hal di dunia bisnis. Untuk itu, ada baiknya bagi mereka yang ingin berbisnis lebih mengembangkan pengetahuan di berbagai bidang. Jadi jangan harap seseorang yang malas untuk menggali informasi dan pengetahuan di berbagai bidang di dunia bisnis bisa dengan cepat melangkahkan kaki memulai bisnis. Karena itu, perluaslah cakrawala pengetahuan Anda sebelum memulai bisnis.

Satu lagi pesan bagi yang akan memulai bisnis. Berbisnis janganlah bertujuan mencari pendapatan tetap. Melainkan, buatlah tujuan tetap berpendapatan. Pengaruhnya akan cukup besar. Tidak percaya? Seorang karyawan atau pekerja memang bisa memperoleh pendapatan rutin setiap bulannya. Tapi bagi pengusaha, bisa berpeluang lebih dari itu. Seorang pengusaha bisa tetap berpendapatan setiap hari.


taken from: http://www.indofamilybisnis.com/

5 komentar:

  1. betul mas Apic, salut aku dengan sampeyan sudah memulai bisnis sendiri, terlebih tidak di bidang IT. Semoga aku bisa cepat ikut ketularan untuk berbisnis (lagi coba bisnis bebek petelur nich). Sukses yaa bro, kalau bisa sharing ilmunya, siapa tahu bisa buka laundry di Denpasar.

    BalasHapus
  2. hallo mas Kuncoro.. apa kabar?!
    saya juga masih perlu banyak belajar ttg londre nih.
    intinya klo dah ada planning u/ buka usaha jangan takut ambil resiko.. klo kelamaan pertimbangan bisa2 idenya keburu jadi fosil lho hehe..

    wah ok juga tuh usaha bebek petelur.. telur bisa sbg telur asin or martabak bangka.. bebek-nya digoreng, bakar or jadi sup... lengkap deh jadi restoran serba bebek :D

    ok mas Kuncoro sukses slalu en makasi ya dah mampir ;)

    God Bless!!

    BalasHapus
  3. pengen sih ngikut buka bisnis laundry, berhubung tetangga ku ada yang perlu kerja dan punya lahan cukup strategis, sedang aku ada sedikit uang nganggur. di lingkungan juga banyak anak2 kost. cuman 1 yang masih jadi uneg2 yaitu soal alat yang efektif buat misahin antara baju si a sama si b supaya ga ketuker. klo bisa sih di cuci nya bareng biar ngirit jadi bisa nekan harga tanpa mengurangi kualitas hasil kerja. maklum, aku ga ada temen yang punya / pernah maen di bisnis laundry.

    Sukses deh buat semua

    BalasHapus
  4. hallo ABBA,

    yuk kita buka lapangan kerja, apalagi tetangga yg mudah2an 'berkualitas'
    btw tinggal didaerah mana ya?

    untuk memisahkan pakaian bisa menggunakan 'tag gun' & isinya namanya 'tag pin'

    sukses jg buat Anda :)

    BalasHapus
  5. Mas aku baru memulai usaha laundry nih. terlintas untuk menambah layanan antar-jemput juga, tapi aku masih bingung nih untuk kasih harganya ke konsumen. Mas punya gambaran nggak ya mengenai hal ini?,bisa share?. sukses utk Apique!

    BalasHapus